Pengertian Software ( perangkat lunak ) dan pengertian Hardware ( perangkat keras ) banyak yang belum memahami. Dalam sebuah komputer software dan hardware saling berhubungan dan tidak bisa dipisahkan.

Pengertian software secara umum dapat diartikan sebagai sekumpulan data-data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer yang berupa program atau instruksi untuk menjalankan dan mengeksekusi suatu perintah.

Software merupakan perangkat lunak yang terinstal di dalam komputer yang bisa digunakan tapi tidak bisa disentuh. Sedangkan Hardware merupaka perngkat keras yang berbentuk fisik sehingga dapat dilihat dan dapat disentuh. Hardware membantu menjalankan fungsi komputer, contohnya mouse, keyboard, printer, dll.

Fungi software adalah sebagai interaksi antara perangkat keras dan pengguna. . Perangkat lunak dibagi menjadi 3 menurut jenisnya, yaitu:

1. Program Aplikasi (contohnya, Microsoft Office)

2. Sistem Operasi (contohnya, Microsoft Windows)

3. Bahasa Pemrograman (yakni Bahasa pemrograman Pascal dan Rakitan)

Jika dilihat dari pendistribusiannya, software sendiri dibagi menjadi beberapa macam, yaitu:

1. Software berbayar.

Software berbayar biasanya dirancang khusus untuk tujuan bisnis. Artinya jika anda inginmenggunakannya, maka anda harus membayar sejumlah uang untuk menggunakannya. Contoh dari software berbayar, yaitu: Microsoft Windows, Microsoft Office, Adobe Photoshop, dan lain-lain.

2. Open Source Software

Open Source software ini lahir dari kebebasan berkarya. Pada program ini sebuah komunitas mendapat kebebasan untuk belajar, merevisi ulang, mengutak-atik dan tentunya dengan tanggung jawab atas apa yang dilakukan.

3. Free Software

Merupakan software yang memberikan kebebasan untuk menjalankan program, menyebarluaskan agar dapat dinikmati oleh khalayak umum, mempelajari agar program dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan, mengubah dan meningkatkan kinerja perangkat lunak.

4. Shareware.

Ada beberapa kemungkinan dalam pendistribusian Shareware ini. Shareware umumnya merupakan program yang didistribusikan dengan batas tertentu, bila ingin mendapatkan fitur-fitur lebih, maka kita harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayarnya.

Atau bisa juga digunakan untuk evaluasi terhadap suatu produk untuk menambahkan fitir-fitur tertentu yang lebih baik lagi. Shareware bisa juga sebagi bahan uji coba ketika kita ingin membeli suatu software, jika kita merasa cocok maka kita tidak akan ragu lagi membelinya.

5. Freeware.

Merupakan software yang mempunyai hak cipta yang gratis digunakan tanpa batas waktu. Atau dalam definisi lain disebutkan bahwa Freeware merupakan program yang didistribusikan gratis tanpa biaya tambahan.

Pertanyaannya, software manakah yang biasa Anda pilih untuk digunakan dalam komputer rumah Anda? Software manapun pilihan Anda, semuanya memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai program dalam komputer Anda. Tanpa software ini keberadaan komputer Anda tidaklah bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s